Sabtu, 11 Oktober 2014

KOMUNIKASI HUMAS PERSPEKTIF AL-QUR'AN & HADITS (By Syamsudin Serero)



BAB I

PENDAHULUAN



A.   Latar Belakang

Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang tergantung satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang lain dilingkungannya. Satu-satunya alat untuk dapat berhubungan dengan  orang lain dilingkungannya adalah komunikasi baik secara verbal maupun  non verbal (bahasa tubuh dan isyarat yang banyak dimengerti oleh suku bangsa).
Kehidupan manusia di dunia tidak dapat dilepaskan dari aktivitas komunikasi karena komunikasi merupakan bagian integral dari sistem dan tatanan kehidupan sosial manusia dan masyarakat. Aktivitas komunikasi dapat dilihat pada setiap aspek kehidupan sehari-hari manusia yaitu sejak dari bangun tidur sampai manusia beranjak tidur pada malam hari. Bisa dipastikan sebagian besar dari kegiatan kehidupan kita mengunakan komunikasi.
Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi satu sama lain, baik itu dengan sesama, adat istiadat, norma, pengetahuan ataupun budaya di sekitarnya. Dan setiap manusia sangat membutuhkan itu semua, karena manusia tidak dapat hidup secara individu, dalam kehidupannya pasti membutuhkan pertolongan dari orang lain. Dan untuk mewujudkan itu semua diperlukan komunikasi yang baik. Dalam Al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 13 disebutkan;
$pkšr'¯»tƒ â¨$¨Z9$# $¯RÎ) /ä3»oYø)n=yz `ÏiB 9x.sŒ 4Ós\Ré&ur öNä3»oYù=yèy_ur $\/qãèä© Ÿ@ͬ!$t7s%ur (#þqèùu$yètGÏ9 4 ¨bÎ) ö/ä3tBtò2r& yYÏã «!$# öNä39s)ø?r& 4 ¨bÎ) ©!$# îLìÎ=tã ׎Î7yz ÇÊÌÈ  
Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.[1]

Secara singkat ayat diatas yang saya garis bawahi adalah kataلتعارفوا  (supaya kamu saling mengenal), bahwasanya kita akan saling kenal satu sama lainnya tidak lain dan bukan hanyalah lewat komunikasi. Sebagaimana ungkapan seseorang: fulan bin fulan dari kabilah ini dan itu.[2] Pada kenyataanya sering kali kita tidak bisa menerima atau merasa kesulitan menyesuaikan diri dengan perbedaan-perbedaan yang terjadi akibat interaksi tersebut, seperti masalah perkembangan teknologi, kebiasan yang berbeda dari seorang teman yang berbeda asal daerah atau cara-cara yang menjadi kebiasaan (bahasa, tradisi atau norma) dari suatu daerah ke daerah lain. Oleh karena itulah penting kiranya dalam makalah ini kita akan membahas mengenai “Sistim Komunikasi Dan Hubungannya Dengan Publik Relations atau yang Disebut Komunikasi HUMAS.
B.       Rumusan Masalah

1.    Apakah pengertian komunikasi?
2.    Apa unsur-unsur komunikasi?
3.    Bagaimana efek komunikasi?
4.    Bagaimana hubungan komunikasi dengan publik Relation, (HUMAS), Publik, Opini dan Tipe Publik?

C.      Tujuan Pembahasan

1.    Memahami pengertian komunikasi
2.    Mengetahui unsur-unsur komunikasi
3.    Memahami efek komunikasi dan
4.    Memahami hubungan komunikasi dengan publik Relation, (HUMAS), Publik, Opini Dan Tipe Publik.

BAB II

PEMBAHASAN


A.  KONSEP DASAR PENGERTIAN KOMUNIKASI

1.    Akar Kata Komunikasi
Kata “komunikasi” berasal dari bahasa Latin, “comunis”, yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.[3] Akar katanya “communis” adalah “communico” yang artinya berbagi.[4]
Dalam literatur lain disebutkan komunikasi juga berasal dari kata “communication” atau “communicare” yang berarti " membuat sama" (to make common). Istilah “communis” adalah istilah yang paling sering di sebut sebagai asal usul kata komunikasi, yang merupakan akar dari kata kata latin yang mirip  Komuniksi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan di anut secara sama.[5]
Sedangkan menurut Husaini Usman, Komunikasi adalah proses penyampaian atau penerimaan pesan dari satu orang kepada orang lain, baik langsung maupun tidak langsung, secara tertulis, lisan maupun bahasa nonverbal.[6]
Dalam hal ini, yang dibagi adalah pemahaman bersama melalui pertukaran pesan. Komunikasi sebagai kata kerja (verb) dalam bahasa Inggris, “communicate”, berarti: a) untuk bertukar pikiran-pikiran, perasaan-perasaan dan informasi; b) untuk membuat tahu; c) untuk membuat sama; dan d) untuk mempunyai sebuah hubungan yang simpatik. Sedangkan dalam kata benda (noun), “communication”, berarti: a) pertukaran simbol, pesan-pesan yang sama, dan informasi; b) proses pertukaran diantara individu-individu melalui simbol-simbol yang sama; c) seni untuk mengekspresikan gagasan-gagasan, dan d) ilmu pengetahuan tentang pengiriman informasi.[7]
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi berasal dari akar kata yang maknanya selalu 1), Melibatkan pertukaran simbol atau tanda baik verbal maupun nonverbal, 2) terbangunnya relasi kebersamaan antara komunikator dengan komunikan. Simbol atau tanda verbal seperti bahasa lisan dan bahasa tulisan.[8]  Sementara simbol atau tanda nonverbal seperti mimik, gerak-gerik serta suara. Terbangunnya relasi kebersamaan ini bukan selalu sebagai hubungan yang positif seperti keakraban atau keintiman melainkan terbentuknya kontak hubungan antara pengirim pesan dengan penerima pesan melalui simbol atau tanda-tanda tertentu yang bersifat verbal (bahasa) atau nonverbal, lisan, tertulis dan gambar.
Tabel, 1.1
Contoh bentuk pesan


Verbal
Nonverbal
Lisan
Tertulis
Gambar
Wawancara
Laporan
Uraian suatu adegan
Berbicara pelan
Diageram/tata letak
Sketsa suatu adegan
Gambar: kategori-kategori bentuk pesan.[9]

Aplikasi kontak simbol ini baik dilakukan dengan diri sendiri (intrapersonal) maupun dengan pihak lain (antarpersonal).

2.    Difinisi Komunikasi Menurut Para Ahli.
a.    Pawito dan C. Sardjono (1994).
 Mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses dengan mana suatu pesan dipindahkan atau dioperkan (lewat suatu saluran) dari suatu sumber kepada penerima dengan maksud mengubah perilaku, perubahan dalam pengetahuan, sikap dan atau perilaku overt lainnya. Sekurang-kurangnya didapati empat unsur utama dalam model proses komunikasi yaitu sumber (the source), pesan (the message), saluran (the channel) dan penerima (the receiver).[10]
b.   Wilbur Schramm.
Menyatakan komunikasi sebagai suatu proses berbagi (sharing process). Schramm menguraikannya sebagai berikut:
Komunikasi berasal dari kata-kata (bahasa) Latin communis yang berarti umum (common) atau bersama. Apabila kita berkomunikasi, sebenarnya kita sedang berusaha menumbuhkan suatu kebersamaan (commonnes) dengan seseorang. Yaitu kita berusaha berbagai informasi, ide atau sikap. Seperti dalam uraian ini, misalnya saya sedang berusaha berkomunikasi dengan para pembaca untuk menyampaikan ide bahwa hakikat sebuah komunikasi sebenarnya adalah usaha membuat penerima atau pemberi komunikasi memiliki pengertian (pemahaman) yang sama terhadap pesan tertentu.[11]

Dari uraian tersebut, definisi komunikasi menurut Schramm tampak lebih cenderung mengarah pada sejauhmana keefektifan proses berbagi antarpelaku komunikasi. Schramm melihat sebuah komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang berhasil melahirkan kebersamaan (commonness), kesepahaman antara sumber (source) dengan penerima (audience)-nya. Menurutnya, sebuah komunikasi akan benar-benar efektif apabila audience menerima pesan, pengertian dan lain-lain persis sama seperti apa yang dikehendaki oleh penyampai.
c.    Joseph A Devito.
Mengemukakan komunikasi sebagai transaksi. Transaksi yang dimaksudkannya bahwa komunikasi merupakan suatu proses dimana komponen-komponennya saling terkait dan bahwa para komunikatornya beraksi dan bereaksi sebagai suatu kesatuan dan keseluruhan. Dalam setiap proses transaksi, setiap elemen berkaitan secara integral dengan elemen lain.[12]
d.   Smith.
Sebagai proses, kata Smith, komunikasi sekaligus bersifat khas dan umum, sempit dan luas dalam ruang lingkupnya. Dirinya menguraikan:
Komunikasi antarmanusia merupakan suatu rangkaian proses yang halus dan sederhana. Selalu dipenuhi dengan berbagai unsur-sinyal, sandi, arti tak peduli bagaimana sederhananya sebuah pesan atau kegiatan itu. Komunikasi antar manusia juga merupakan rangkaian proses yang beraneka ragam. Ia dapat menggunakan beratus-ratus alat yang berbeda, baik kata maupun isyarat ataupun kartu berlubang baik berupa percakapan pribadi maupun melalui media massa  dengan audience di seluruh dunia ketika manusia berinteraksi saat itulah mereka berkomunikasi. Saat orang mengawasi orang lain, mereka melakukan melalui komunikasi.[13]
e.    Dance dan Larson.
Lain halnya dengan Dance dan Larson (dalam Vardiansyah, 2004 : 9) setidaknya telah mengumpulkan 126 definisi komunikasi yang berlainan. Namun, Dance dan Larson mengidentifikasi hanya ada tiga dimensi konseptual penting yang mendasari perbedaan dari ke-126 definisi temuannya itu, antara lain:
1)   Tingkat observasi atau derajat keabstrakannya. 1) Definisi bersifat umum, misalnya definisi yang menyatakan komunikasi adalah proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan. 2) Definisi bersifat khusus, misalnya definisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah alat untuk mengirimkan pesan militer, perintah dan sebagainya melalui telepon, telegraf, radio, kurir dan sebagainya.
2)   Tingkat kesengajaan. 1) Definisi yang mensyaratkan kesengajaan, misalnya definisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah situasi-situasi yang memungkinkan suatu sumber mentransmisikan suatu pesan kepada seorang penerima dengan disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima. 2) Definisi yang mengabaikan kesengajaan, misalnya dari Gode (1959) yang menyatakan komunikasi sebagai proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang atau monopoli seseorang menjadi dimiliki dua orang atau lebih.
3)   Tingkat keberhasilan dan diterimanya pesan. 1) Definisi yang menekankan keberhasilan dan diterimanya pesan, misalnya definisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah proses pertukaran informasi untuk mendapatkan saling pengertian. 2) Definisi yang tidak menekankan keberhasilan dan tidak diterimanya pesan, misalnya definisi yang menyatakan komunikasi adalah proses transmisi informasi.
f.          Sasa Djuarsa Sendjaja.
Dari berbagai definisi komunikasi yang ada, Sasa Djuarsa Sendjaja dalam bukunya Pengantar Ilmu Komunikasi mencoba menjabarkan tujuh definisi yang dapat mewakili sudut pandang dan konteks pengertian komunikasi. Definisi-definisi tersebut antara lain:
1)   Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak). Definisi ini seperti yang dikemukakan Hovland, Janis & Kelley (1953).
2)   Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain. Komunikasi ini seperti yang dikemukakan Berelson dan Stainer (1964).
3)   Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?). Definisi seperti yang dikemukakan Lasswell (1960).
4)   Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. Definisi ini seperti yang dikemukakan Gode (1959).
5)   Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego. Definisi ini seperti dikemukakan Barnlund (1964).
6)   Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan. Definisi ini seperti yang disampaikan Ruesch (1957).
7)   Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya. Definisi ini seperti yang dikemukakan Weaver (1949) (Zubair, 2006).[14]

Dari sekian definisi komuikasi menurut para ahli diatas dapat ditarik benang merahnya sebagi sebuah simpulan, dianatarnya sebagaimana yang diungkapkan oleh Riswandi menyimpulkan beberapa karakteristik komunikasi berdasar berbagai  definisi yang dikemukakan para ahli, antara lain:
1)   Komunikasi adalah suatu proses, artinya komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan (ada tahapan atau sekuensi) serta berkaitan satu sama lainnya dalam kurun waktu tertentu.
2)   Komunikasi adalah suatu upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan. Komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara  sadar, disengaja, serta sesuai dengan tujuan atau keinginan dari pelakunya.
3)   Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerja sama dari para pelaku yang terlibat kegiatan komunikasi akan berlangsung baik apabila pihak-pihak yang berkomunikasi  (dua orang atau lebih) sama-sama ikut terlibat dan sama-sama mempunyai perhatian yang sama terhadap topik pesan yang disampaikan.
4)   Komunikasi bersifat simbolis karena dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang. Lambang yang paling umum digunakan dalam komunikasi antar manusia adalah bahasaverbal dalam bentuk kata-kata, kalimat, angka-angka atau tanda-tanda lainnya.
5)   Komunikasi bersifat transaksional. Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan, yaitu memberi dan menerima. Dua tindakan tersebut tentunya perlu dilakukan secara seimbang atau porsional.
6)   Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Maksudnya bahwa para pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama. Dengan adanya berbagai produk teknologi komunikasi seperti telepon, internet, faximili, dan lain-lain, faktor ruang dan waktu tidak lagi menjadi masalah dalam berkomunikasi. (Riswandi, 2006).[15]

Jika dilihat sekilas dari ulasan di atas, kiranya dapat ditarik benang merah bahwa tiap ahli bisa memiliki pandangan beragam dalam mendefinisikan komunikasi.  Komunikasi terlihat sebagai kata yang abstrak sehingga memiliki banyak arti. Kenyataannya untuk menetapkan satu definisi tunggal terbukti sulit dan tidak mungkin terutama jika melihat pada berbagai ide yang dibawa dalam istilah itu.
Sedangkan sistim komunikasi bisa didefinisikan dari akar kata yang didefinisikan oleh made pidarta, Kata sistim berasal dari bahasa Yunani yaitu syistema  yang berarti strategi, cara. Dalam bahsa inggris berarti syistem, susunan, jaringan, cara. Sistem juga dapat berarti sebagai suatu strategi, cara berpikir atau model berpikir.[16]
       Sistim komunikasi adalah himpunan gagasan atau prinsip-prinsip komunikasi yang saling bertautan dan tergabung menjadi satu keseluruhan. Misalnya kelompok organisasi dan lembaga-lembaga lainnya.
Sistim komunikasi merupakan ilmu pengetahuan sosial yang bersifat multidisipliner sehingga definisi komunikasi pun menjadi banyak dan beragam.
Dance dan Larson (1976) telah mengumpulkan 126 definisi komunikasi, masing-masing mempunyai penekanan arti, cakupan, konteks yang berbeda satu sama lain, tetapi pada dasarnya berbagai definisi komunikasi yang ada sesungguhnya saling melengkapi dan menyempurnakan sejalan dengan perkembangan ilmu komunikasi itu sendiri. [17]

B.  UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI

Dalam dunia komunikasi sesungguhnya tak terlepas dari unsur-unsur yang ada yang secara langsung maupun tidak langsung melekat didalamnya, penegasan tentang unsur-unsur dalam proses komunikasi itu adalah sebagai berikut:
Sender          :    Komunikator yang menyampaikan pesan kepada seseorang atau sejumlah orang.
Encoding      :    Penyandian, yakni proses pengalihan pikiran ke dalam bentuk lambing.
Message            :         Pesan yang merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator.
Media           :    Saluran komunikasi tempat berlalunya pesan dari komunikator ke pada komunikan.
Decoding      :    Pengawasandian, yaitu proses di mana komunikan menetapkan makna pada lambang yang disampaikan oleh komunikator kepadanya.
Receiver            :         Komunikan yang menerima pesan dari komunikator
Response      :    Tanggapan, seperangkat reaksi pada komunikan setelah diterima pesan.
Feedback      :    Umpan balik, yakni tanggapan komunikan apabila tersampaikan atau disampaikan kepada komunikator.
Noise            :    Gangguan tak terencana yang terjadi dalam proses komunikasi sebagai akibat diterimanya pesan lain oleh komunikan yang berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator kepadanya.[18]

Untuk lebih jelasnya proses komunikasi yang saling mengikat dapat dilihat pada skema dibawah ini;
Tabel 1.2.
Skema Unsur-Unsur Proses Komunikasi
Text Box: DecodingText Box: Receiver Text Box: Mesage Text Box: EncodinggText Box: Sender                                                                                                            





















 







Sumber: Ilmu Komunikasi.[19]

C.  EFEK KOMUNIKASI

Efek komunikasi adalah dampak yang di ikuti dari beragam bentuk pesan atau content, komunikasi yang ditransformasikan dalam interaksi komunikasi atau komunikasi massa. target audience yang menjadi sasaran media dan saluran politik lainnya.
Efek komunikasi dalam proses dan tindakan politik ada tiga jenis atau tahap, yaitu :
1.    Kognitif  yaitu efek komunikasi politik yang berlangsung pada level pemikiran.
2.    Afektif  yaitu efek komunikasi pada level emotional/ perasaan/sikap.
3.    Efek Perilaku (behavior) yaitu efek komunikasi politik pada level perilaku.[20]                   
Efek jangka pendek dan panjang;
1.    Short tern efek yaitu efek jangka pendek yang berlangsung pada individu, group, dan yang bersifat cepat dan sementara. misal : opini mengenai kasus politik.
2.    Long tern efek yaitu efek komunikasi atau komunikasi massa yang bersifat lambat.[21]
D.  HUBUNGAN KOMUNIKASI dengan  PUBLIC RELATION (HUMAS)

Istilah komunikasi dan “Hubungan Masyarakat” yang disingkat “HUMAS” sebagai terjemahan dari istilah public relations. Public relations merupakan metode komunikasi dan objek studi ilmu komunikasi itu menjadi hubungan masyarakat.[22] Yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Artinya setiap ada komunikasi disitu tetntu ada sebuah kepentingan ataupun hubungan. Setidaknya ada dua relasi komunikasi dengan public relatians diantaranya sebagai berikut:
1.    Komunikasi dan HUMAS sebagai fungsi Manajemen.
a.    Hubungan ke Dalam
Hubungan ke dalam pada umumnya adalah hubungan dengan para anggota bawahan atau karyawan.
b.    Hubungan ke Luar
Hubungan ke luar pada umumnya adalah hubungan yang tetap, yakni :
1)      Hubungan dengan masyarakat sekitar (community relations),
2)      Hubungan dengan jawatan pemerintah (government relations),
3)      Hubungan dengan pers (press relations).[23]
Dalam konteks strategi manajemen komunikasi dengan public relations mempunyai peran yang sangat strategis dalam rangka membantu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, pemerintah dan pers.
2.    Komunikasi dan Hubungan Manusiawi.
Hubungan manusiawi dalam arti luas ialah interaksi antara seseorang dengan orang lain dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan. Dan hubungan manusia dalam arti sempit adalah juga interaksi antara seseorang dengan orang lain.
Demikian kata R. F. Maier dalam bukunya, Priciple of Human Relations. yang dikutip Rosady Ruslan “Hubungan manusiawi dapat dilakukan untuk menghilangkan hambatan-hambatan komunikasi, meniadakan salah pengertian, dan mengembangkan segi konstruktif sifat tabiat Manusia”.[24]
            Dalam kegiatan hubungan manusiawi terdapat dua jenis konseling, bergantung pada pendekatan (approach) yang dilakukan. Kedua jenis konseling tersebut ialah directive conseling, yakni konseling yang langsung terarah, dan non-directive conseling, yaitu konseling yang tidak langsung terarah.

E.  PUBLIK

            Publik adalah sekelompok orang dengan kepentingan yang sama dan memiliki suatu pendapat yang sama mengenai suatu persoalanyang menimbulkan pertentangan dan kontroversial.
Publik dibedakan menjadi dua kelompok:
  1. Kelompok primer
  2. Kelompok sekunder
Publik memiliki kepentingan umum yang mempersatukan anggotanya, menciptakan suatu kesamaan pandangan, dan mengarah kepada kebulatan pendapat tentang persoalan.


F.   OPINI

Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran, atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini atau pendapat bersifat subjektif. Pendapat orang mengenai suatu hal dapat berbeda-beda. Perbedaan pendapat yang dikeluarkan bergantung pada sudut pandang dan latar belakang yang dimiliki.
Sedangkan Opini publik berasal dari dua kata berbahasa Latin, yaitu opinari (berpikir atau menduga) dan publikus (milik masyarakat luas).[25]
Opini publik dapat diartikan sebagai suatu ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama di antara para anggota sebuah kelompok atau publik, mengenai suatu masalah kontroversial yang menyangkut kepentingan umum
Opini publik adalah sebuah ekspresi energi sosial yang mengintegrasikan aktor individual ke dalam pengelompokan sosial dengan cara yang memepengaruhi politik.[26]

G. TIPE PUBLIK
Empat tipe publik menurut Grunig & Repper (1992) dalam bukunya “Strategic Management, public and issues:
1.      All issue publics (bersikap aktif dalam berbagai isu).
2.      Apathetic publics (tidak memperhatikan atau tidak aktif terhadap semua isu).
3.      Single issue publics (aktif pada satu atau sejumlah isu terbatas).
4.      Hot issue publics (baru aktif setelah semua media mengekspos hampir semua orang dan isu menjadi topic sosial yang diperbincangkan secara luas).[27]



H.  KOMUNIKASI PERSPEKTIF ISLAM.

Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang islami, yaitu komunikasi berakhlak al-karimah atau beretika.[28] Komunikasi yang berakhlak al-karimah berarti komunikasi yang bersumber kepada Al-Quran dan Hadits (Sunah Nabi). Serta komunikasi yang menimbulkan kebaikan baik untuk sendiri maupun untuk orang lain, sebagaimana ungkapan mengatakan:
سلامة الإنسان  في حفظ اللسان
Keselamatan seseorang terletak dalam menjaga lisan.[29]
Dalam Al Qur’an dengan sangat mudah kita menemukan contoh kongkrit bagaimana Allah SWT selalu berkomunikasi dengan hambaNya melalui wahyu. Untuk menghindari kesalahan dalam menerima pesan melalui ayat-ayat tersebut, Allah juga memberikan kebebasan kepada Rasulullah SAW untuk meredaksi wahyu-Nya melalui matan Hadits. Baik hadits itu bersifat Qouliyah (perkataan), Fi’iliyah (perbuatan), Taqrir (persetujuan) Rasul, kemudian ditambah lagi dengan lahirnya para ahli tafsir sehingga melalui tangan mereka terkumpul sekian banyak buku-buku tafsir.
Komunikasi sangat berpengaruh terhadap kelanjutan hidup manusia, baik manusia sebagai hamba, anggota masyarakat, anggota keluarga dan manusia sebagai satu kesatuan yang universal. Seluruh kehidupan manusia tidak bisa lepas dari komunikasi. Dan komunikasi juga sangat berpengaruh terhadap kualitas berhubungan dengan  sesama. Komunikasi Islam adalah proses penyampaian pesan-pesan keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam.

Dengan pengertian demikian, maka komunikasi Islam menekankan pada unsur pesan (message), yakni risalah atau nilai-nilai Islam,dan cara (how),dalam hal ini tentang gaya bicara dan penggunaan bahasa (retorika).
Pesan-pesan keislaman yang disampaikan dalam komunikasi Islam meliputi seluruh ajaran Islam, meliputi akidah (iman), syariah (Islam), dan akhlak (ihsan). Soal cara (kaifiyah), dalam Al-Quran dan Al-Hadits ditemukan berbagai panduan agar komunikasi berjalan dengan baik dan efektif. Kita dapat mengistilahkannya sebagai kaidah, prinsip, atau etika berkomunikasi dalam perspektif Islam.
Soal cara (kaifiyah), dalam Al-Quran dan Al-Hadits ditemukan berbagai panduan agar komunikasi berjalan dengan baik dan efektif. Kita dapat mengistilahkannya sebagai kaidah, prinsip, atau etika berkomunikasi dalam perspektif Islam. Kaidah, prinsip, atau etika komunikasi Islam ini merupakan panduan bagi kaum muslim dalam melakukan komunikasi, baik dalam komunikasi intrapersonal, interpersonal dalam pergaulan sehari hari, berdakwah secara lisan dan tulisan, maupun dalam aktivitas lain. Adapun secara Eksplisit istilah-istilah komunikasi dalam Al-Qur’an dan Hadits adalah sebagai berikut:
a)      Al-Qur’an
  Dalam berbagai literatur tentang komunikasi Islam kita dapat menemukan setidaknya enam jenis gaya bicara atau pembicaraan (qaulan) yang dikategorikan sebagai kaidah, prinsip, atau etika komunikasi Islam, yaitu:
1)   Qaulan Sadida (perkataan yang benar, jujur);
|·÷uø9ur šúïÏ%©!$# öqs9 (#qä.ts? ô`ÏB óOÎgÏÿù=yz Zp­ƒÍhèŒ $¸ÿ»yèÅÊ (#qèù%s{ öNÎgøŠn=tæ (#qà)­Guù=sù ©!$# (#qä9qà)uø9ur Zwöqs% #´ƒÏy ÇÒÈ  
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar.[30]


2)   Qaulan Baligha (tepat sasaran, komunikatif, to the point, mudah dimengerti);
y7Í´¯»s9'ré& šúïÉ©9$# ãNn=÷ètƒ ª!$# $tB Îû óOÎhÎ/qè=è% óÚ̍ôãr'sù öNåk÷]tã öNßgôàÏãur @è%ur öNçl°; þ_Îû öNÎhÅ¡àÿRr& Kwöqs% $ZóŠÎ=t/ ÇÏÌÈ  
 Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan Katakanlah kepada mereka Perkataan yang berbekas pada jiwa mereka.[31]

3)    Qaulan Ma’rufa (perkataan yang baik)
uä!$|¡ÏY»tƒ ÄcÓÉ<¨Z9$# ¨ûäøó¡s9 7tnr'Ÿ2 z`ÏiB Ïä!$|¡ÏiY9$# 4 ÈbÎ) ¨ûäøøs)¨?$# Ÿxsù z`÷èŸÒøƒrB ÉAöqs)ø9$$Î/ yìyJôÜuŠsù Ï%©!$# Îû ¾ÏmÎ7ù=s% ÖÚttB z`ù=è%ur Zwöqs% $]ùrã÷è¨B ÇÌËÈ  
Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk[32] dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya[33] dan ucapkanlah Perkataan yang baik,[34]

4)   Qaulan Karima (perkataan yang mulia);
4Ó|Ós%ur y7/u žwr& (#ÿrßç7÷ès? HwÎ) çn$­ƒÎ) Èûøït$Î!ºuqø9$$Î/ur $·Z»|¡ômÎ) 4 $¨BÎ) £`tóè=ö7tƒ x8yYÏã uŽy9Å6ø9$# !$yJèdßtnr& ÷rr& $yJèdŸxÏ. Ÿxsù @à)s? !$yJçl°; 7e$é& Ÿwur $yJèdöpk÷]s? @è%ur $yJßg©9 Zwöqs% $VJƒÌŸ2 ÇËÌÈ  
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah"[35] dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia.[36]

Dari ayat tersebut jelas bahwa kita diperintahkan untuk mengucapkan perkataan yang baik atau mulia karena perkataan yang baik dan benar adalah suatu komunikasi yang menyeru kepada kebaikan dan merupakan bentuk komunikasi yang menyenangkan.
5)   Qaulan Layyinan (perkataan yang lembut);
!$t6ydøŒ$# 4n<Î) tböqtãöÏù ¼çm¯RÎ) 4ÓxösÛ ÇÍÌÈ   Ÿwqà)sù ¼çms9 Zwöqs% $YYÍh©9 ¼ã&©#yè©9 ㍩.xtFtƒ ÷rr& 4Óy´øƒs ÇÍÍÈ   
Pergilah kamu berdua kepada Fir'aun, Sesungguhnya Dia telah melampaui batas;
Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, Mudah-mudahan ia ingat atau takut".[37]

Dari ayat tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Qaulan Layina berarti pembicaraan yang lemah-lembut, dengan suara yang enak didengar, dan penuh keramahan, sehingga dapat menyentuh hati maksudnya tidak mengeraskan suara, seperti membentak, meninggikan suara. Siapapun tidak suka bila berbicara dengan orang-orang yang kasar. Rasullulah selalu bertuturkata dengan lemah lembut, hingga setiap kata yang beliau ucapkan sangat menyentuh hati siapapun yang mendengarnya. Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan, yang dimaksud layina ialah kata kata sindiran, bukan dengan kata kata terus terang atau lugas, apalagi kasar.[38]
Ayat di atas adalah perintah Allah SWT kepada Nabi Musa dan Harun agar berbicara lemah-lembut, tidak kasar, kepada Fir’aun. Dengan Qaulan Layina, hati komunikan (orang yang diajak berkomunikasi) akan merasa tersentuh dan jiwanya tergerak untuk menerima pesan komunikasi kita.
Dengan demikian, dalam komunikasi Islam, semaksimal mungkin dihindari kata-kata kasar dan suara (intonasi) yang bernada keras dan tinggi. Allah melarang bersikap keras dan kasar dalam berdakwah, karena kekerasan akan mengakibatkan dakwah tidak akan berhasil malah ummat akan menjauh. Dalam berdoa pun Allah memerintahkan agar kita memohon dengan lemah lembut, “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lemahlembut, sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas,” (Al A’raaf ayat 55)
6)   Qaulan Maysura (perkataan yang ringan);
$¨BÎ)ur £`|Ê̍÷èè? ãNåk÷]tã uä!$tóÏGö/$# 7puH÷qu `ÏiB y7Îi/¢ $ydqã_ös? @à)sù öNçl°; Zwöqs% #YqÝ¡øŠ¨B ÇËÑÈ  
Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang kamu harapkan, Maka Katakanlah kepada mereka Ucapan yang pantas.[39]

Itulah beberapa ayat al-Qur’an yang menjelaskan secara umum mengenai komunikasi uang harus di jalankan oleh maniusia pada khususnya.
b)     Al-Hadist.
Di dalam hadits Nabi SAW juga ditemukan prinsip-prinsip etika komunikasi, bagaimana Rasulullah SAW mengajarkan berkomunikasi kepada kita. Berikut hadits-hadits tersebut:,
Pertama,
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أًوْ لِيَصْمُتْ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ .      [رواه البخاري ومسلم]
Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya                 (Riwayat Bukhori dan Muslim.[40]
Kedua,  قل الحق ولو كان مرا qulil haqqa walaukana murran (katakanlah apa yang benar walaupun pahit rasanya),
Ketiga, لاتقل قبل تفكر    (laa takul qabla tafakur (janganlah berbicara sebelum berpikir terlebih dahulu).
Keempat, Nabi SAW menganjurkan berbicara yang baik-baik saja, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Dunya,
“Sebutkanlah apa-apa yang baik mengenai sahabatmu yang tidak hadir dalam pertemuan, terutama hal-hal yang kamu sukai terhadap sahabatmu itu sebagaimana sahabatmu menyampaikan kebaikan dirimu pada saat kamu tidak hadir”.
Kelima, selanjutnya Nabi SAW berpesan,
“Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang-orang…yaitu mereka yang memutar balikan fakta dengan lidahnya seperti seekor sapi yang mengunyah-ngunyah rumput dengan lidahnya”.

Pesan Nabi SAW tersebut bermakna luas bahwa dalam berkomunikasi hendaklah sesuai dengan fakta yang kita lihat, kita dengar, dan kita alami.
Prinsip-prinsip tersebut, sesungguhnya dapat dijadikan landasan etika bagi setiap muslim, ketika melakukan proses komunikasi, baik dalam pergaulan sehari-hari, berdakwah, maupun aktivitas-aktivitas lainnya. ungkapan arab mengatakan;
سلامة الإنسان  في حفظ اللسان
Keselamatan seseorang terletak dalam menjaga lisan.[41]

Wallahu a’lam bisshawab. 
syamsudin (087859565533)



BAB III
PENUUP

A.  Kesimpulan
1)   Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain, Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain. Atau bisa disimpulkan lebih umum, Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia.
2)   Unsur-unsur komunikasi adalah sebagai berikut:
(a), Sender , (b), Encoding, (c), Message, (d), Media, (e), Decoding, (f), Receiver, (g), Response, (h), Feedback, dan (i), Noise.
3)   Efek komunikasi adalah dampak yang di ikuti dari beragam bentuk pesan atau content, komunikasi yang ditransformasikan dalam interaksi komunikasi atau komunikasi massa. target audience yang menjadi sasaran media dan saluran politik lainnya. Diantara efek komunikasi adalah sebagai berikut: (a), Kognitif  yaitu efek komunikasi politik yang berlangsung pada level pemikiran. (b), Afektif  yaitu efek komunikasi pada level emotional/ perasaan/sikap. (c), Efek Perilaku (behavior) yaitu efek komunikasi politik pada level perilaku.   
4)   Hubungan komunikasi dengan Masyarakat” yang disingkat “HUMAS” sebagai terjemahan dari istilah public relations. Public relations merupakan metode komunikasi dan objek studi ilmu komunikasi itu menjadi hubungan masyarakat.    
5)   Publik adalah sekelompok orang dengan kepentingan yang sama dan memiliki suatu pendapat yang sama mengenai suatu persoalanyang menimbulkan pertentangan dan kontroversial. Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran, atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa).       




[1]QS. al-Hujuraat, (49): 13.
[2]Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Shahih Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir, 2011), hlm. 485.
[3]Muhammad Zamroni, Filsafat Komunikasi, Pengantar Ontologis, Efistemologis, Aksiologis, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009), hlm. 4.
[4]Dani Vardiansyah, Pengantar Ilmu Komunikasi, Cetakan Ke-1 (Bogor: Ghalia Indonesia, 2004), hlm. 3.
[5]Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 46.; Onong Uchjana Effendy,  Dinamika Komunikasi, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2008), hlm.4.; Onong Uchjana Effendy,  Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011), hlm. 9.
[6]Husaini Usman, Manajemen, Teori,Praktik dan Riset Pendidikan, Edisi 4 (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hlm. 470.
[7]Tanti Yuniar, Kamus Bahasa Inggris-Indonesia, Indonesia- Inggris, (Surabaya: Agung Media, 2007), hlm. 70.
[8]Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: Grameia Wiiasarana Indonesia, 2005), hlm. 5.
[9]R. Wayne Pace & Done f. Faules, Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusaan, ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006), hlm. 30.
[10]Pawito, dan C Sardjono. Teori-Teori Komunikasi, (Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 1994), hlm. 12.
[11]Tommy Suprapto, Pengantar Teori Komunikasi, Cetakan Ke-1. (Yogyakarta: Media Pressindo, 2006), hlm. 2-3.
[12]Tommy Suprapto, Pengantar Teori Komunikasi, hlm. 5.
[13]Blake Reed H., and Edwin O. Haroldsen, Taksonomi Konsep Komunikasi. Cetakan Ke-1. Terj. Hasan Bahanan. (Surabaya: Papyrus, 2003), hlm. 45.

[14]Agustina Zubair,Definisi Komunikasi organisasi” http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi organisasi/, diakses tanggal 16 September 2014.

[15]Riswandi, Definisi Komunikasi dan Tingkatan Proses Komunikasi, http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi-dan-tingkatan-proses-komunikasi/, diakses tanggal 16 September 2014.
[16]Made Pidarta, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002 ), hlm. 26.
[17]R. Wayne Pace & Done f. Faules, Komunikasi Organisasi, hlm. 26.
[18]Onong Uchjana Effendy,  Ilmu Komunikasi, hlm. 18-19.; Asep Saeful Muhtadi, Komunikasi Politik Indonesia, Dinamika Islam Politik Pasca-Orde Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008), hlm. 31.
[19]T. Hani Handoko, MANAJEMEN Edisi 2, (Yogyakarta:BPFE, 2009), hlm. 273.
[20]Onong Uchjana Effendy,  Dinamika Komunikasi, hlm. 7.
[21]Onong Uchjana Effendy,  Dinamika Komunikasi, hlm. 7.
[22]B. Suryosubroto, Humas dalam Dunia Pendidikan Suatu Pendekatan Praktis, (Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 2001), hlm. 12.
[23]Soleh Soemirat & Elvinaro Ardianto, Dasar-Dasar Public Relations, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 88-89.
[24]Rosady Ruslan, Manajemen Public Relation: Konsep dan Aplikasinya, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001), hlm. 119.
[25]Zulkarnain Nasution, Manajemen Humas Di Lembaga Pendidikan, Konsep, Penomena dan Aplikasinya, ( Malang: UMM Press, 2010), hlm. 17.
[26]Scott M.cultip et all, Effective Public Relations, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006), hlm. 239.
[27]Grunig & Repper, Strategic Management, public and issues, hlm. 139.
[28]Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Baru  Pengelolaan Lembaga Pendidiakan Islam, (Erlangga: Gelora Aksara Pratama, 2007), hlm. 252.
[29]Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, hlm. 251.
[30]QS. an-Nisa, (4): 9.

[31]QS. an-Nisa, (4): 63.
[32]Yang dimaksud dengan tunduk di sini ialah berbicara dengan sikap yang menimbulkan keberanian orang bertindak yang tidak baik terhadap mereka.
[33]Yang dimaksud dengan dalam hati mereka ada penyakit Ialah: orang yang mempunyai niat berbuat serong dengan wanita, seperti melakukan zina.
[34]QS. al-Ahzab, (33): 32.
[35]Mengucapkan kata Ah kepada orang tua tidak dlbolehkan oleh agama apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.
[36]QS. al-Isra’, (17): 23.
[37]QS. Thaha, (20): 43-44.
[38]Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Shahih Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir, 2011), hlm. 725.
[39]Maksudnya: apabila kamu tidak dapat melaksanakan perintah Allah seperti yang tersebut dalam ayat 26, Maka Katakanlah kepada mereka Perkataan yang baik agar mereka tidak kecewa lantaran mereka belum mendapat bantuan dari kamu. dalam pada itu kamu berusaha untuk mendapat rezki (rahmat) dari Tuhanmu, sehingga kamu dapat memberikan kepada mereka hak-hak mereka. QS. al-Isra’,  (17): 28.
[40]Imam Nawawi, Arbainnawaiyah, Hadits 15, ( shoft ware).
[41]Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, hlm. 251.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar